Tentang Neurobion







Info Peresepan Lengkap
Isi
Vitamin B kompleks.
Keterangan
Tiap tablet salut mengandung vitamin B 1 (tiamin disulfida) 100 mg, vitamin B 6 (piridoksin hidroklorida) 200 mg, dan vitamin B 12 (sianokobalamin) 200 mcg.
Ini juga mengandung eksipien berikut: Lilin montan-glikol, gelatin, metil selulosa, akasia, magnesium stearat, gliserol 85%, povidon 25, kalsium karbonat, silikon dioksida koloidal, tepung maizena, kaolin, laktosa monohidrat, bedak, sukrosa dan titanium dioksida.
Tindakan
Neurobion adalah kombinasi 3 vitamin neurotropik esensial (B 1 , B 6 dan B 12 ) dalam dosis tinggi. Vitamin B 1 , B 6 dan B 12 sangat penting untuk metabolisme sistem saraf perifer dan pusat. Efeknya terhadap regenerasi saraf telah ditunjukkan dalam berbagai penelitian yang menggunakan vitamin secara individu dan kombinasi.
Vitamin B 1 memainkan peran penting dalam proses metabolisme utama. Vitamin B 6 memiliki efek analgesik. Vitamin B12memastikan pembentukan sel darah dan mencegah proses degeneratif pada sistem saraf. Baik fungsi individu maupun hubungan biokimia yang menguntungkan antara ketiga vitamin tersebut membenarkan penggunaan gabungannya.
Indikasi / Kegunaan
Nyeri saraf misalnya sensasi tertusuk/kesemutan, mati rasa, otot kaku, kram otot, gangguan sensasi.
Gangguan neurologis dan gangguan lain yang berhubungan dengan gangguan fungsi metabolisme yang dipengaruhi oleh vitamin B kompleks, termasuk polineuropati diabetik, neuritis perifer alkoholik, dan neuropati pasca influenza.
Pengobatan neuritis dan neuralgia saraf tulang belakang, terutama paresis wajah, sindrom serviks, nyeri pinggang, ischialgia.
Dosis / Petunjuk Pemakaian
1 tablet salut tiga kali sehari untuk mengobati kasus sedang, atau untuk memberikan terapi interval dan tindak lanjut untuk serangkaian suntikan kecuali ditentukan lain oleh dokter.
Cara Pemberian : Telan tanpa dikunyah dengan sedikit cairan pada waktu atau sesudah makan. Dosis dan durasi pengobatan ditentukan oleh dokter tergantung pada kondisi pasien.
Overdosis
Neuropati sensorik dan sindrom neuropati sensorik lainnya yang dapat disebabkan oleh pemberian piridoksin (Vitamin B6) dosis tinggi dalam jangka panjang membaik secara bertahap setelah penghentian vitamin.
Kontraindikasi
Hipersensitivitas terhadap salah satu bahan aktif atau eksipien Neurobion (lihat Deskripsi).
Penggunaan pada Anak-anak: Tablet salut Neurobion tidak cocok untuk pengobatan anak di bawah usia 14 tahun karena tingginya kandungan bahan aktif.
Tindakan Pencegahan Khusus
Dalam literatur, neuropati digambarkan dengan asupan jangka panjang (6-12 bulan) >50 mg rata-rata dosis harian vitamin B6 . Oleh karena itu, dalam pengobatan jangka panjang, pemantauan rutin dianjurkan.
Gunakan Dalam Kehamilan & Menyusui
Tidak ada risiko yang diketahui terkait dengan penggunaan Neurobion selama kehamilan dengan dosis yang dianjurkan.
Vitamin B1 , B6 dan B12 disekresikan ke dalam ASI, namun risiko overdosis pada bayi belum diketahui. Dalam kasus tertentu, vitamin B6 dosis tinggi , yaitu >600 mg setiap hari, dapat menghambat produksi ASI.
Reaksi Merugikan
Reaksi hipersensitivitas terhadap vitamin B 1 atau B 12 misalnya berkeringat, takikardia (detak jantung cepat) dan reaksi kulit dengan gatal dan urtikaria dapat terjadi.
Keluhan gastrointestinal misalnya mual, muntah, diare atau sakit perut dapat terjadi.
Interaksi obat
Levodopa (L-Dopa): Efek L-dopa dapat berkurang bila vitamin B6 diberikan secara bersamaan.
Antagonis piridoksin misalnya Isoniazid (INH), Cycloserin, Penicillamin, Hydralazine: Kemanjuran vitamin B 6 (piridoksin) dapat menurun.
Loop Diuretik misalnya, Furosemide: Dalam penggunaan jangka panjang, kadar tiamin dalam darah dapat berkurang.
Penggunaan obat penurun asam dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12.
Penyimpanan
Jangan simpan di atas 25°C.
Klasifikasi ATC
A11DB - Vitamin B1 dalam kombinasi dengan vitamin B6 dan/atau vitamin B12 ; Digunakan sebagai suplemen makanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unusa

Materi PKKMB Prodi

Kepedulian lingkungan untuk kesehatan